Jumat, 03 Februari 2012

Buruknya Pelayanan Aparatur Negara

Memasuki bulan ke dua dalam kalender Masehi ini gue mau menulis tentang pengalaman gue saat ngedapatin pelayanan dari para aparatur negara (PNS) yang bertugas di Kecamatan. Ceritanya begini :

Pada hari Kamis tanggal 2 Februari 2012 kemarin, gue sekeluarga dateng untuk memenuhi undangan yang disampaikan oleh pihak kecamatan Jati Sampurna tempat gue tinggal, untuk datang dalam rangka perekaman data yang diperlukan untuk pembuatan E-KTP Nasional. Ketidakberesan serta ketidakbecusan petugas dan panitia kecamatan mulai terlihat sejak pengambilan nomor antrian pada pagi harinya. Seharusnya pada hari itu adalah jadwal pengambilan nomor urut serta perekaman data untuk RW tempat gue yaitu RW 004, tapi ternyata yang terjadi adalah kesemrawutan karena ternyata petugas kecamatan juga memberikan undangan untuk RW 005 sehingga membuat para pengambil nomor urut semakin membludak. 

Terlebih lagi, tidak seperti saat kita ngebayar listrik di PLN, yang datanya berada di tumpukan paling bawah yang lebih dulu di panggil karena paling dulu dateng, nyatanya kagak adil karena petugas ngambil data yang paling atas, sedangkan mereka yang udah dateng dari pagi bahkan ada yang dari subuh, harus nunggu karena data yang mereka taruh ada di paling bawah. Gue sekeluarga akhirnya dapet nomor urut 1000-1006 (karena keluarga gue ada 7 orang).  

Malemnya gue sekeluarga dateng ke kecamatan sekitar jam 8 malem, karena gue pikir kalo nomor 1000 tuh pasti dapetnya sekitar jam 9 malem. Ternyata gue salah besar!!!!

Pas gue dateng ke kecamatan, orang masih banyak yang nungguin. Pas gue cek ke dalem ternyata yang udah dipanggil baru nomor urut ke 600 an. Ya ampun berarti gue harus nunggu 400 orang lagi supaya di panggil. Gubrakkk......



Walaupun petugas perekaman data jumlahnya ada 4 orang tapi lumyan lama gue nunggu nya. Sebenernya kalo petugas perekaman data nya menurut gue sih udah lumayan bagus cara kerjanya, tapi yang gak profesional banget tuh petugas kecamatannya. Bayangin aja, semua orang yang diundang khan wajib dateng semuanya bareng anggota keluarga yang laen, termasuk anak-anak balita. Gue ngeliatnya jadi kasihan sama ibu-ibu yang gendong anak bayinya sambil nungguin di panggil oleh petugas. Belum lagi tempat nunggu nya yang gak di sediain AC ato pun kipas angin jadinya ngebuat tempatnya jadi semakin panas dan bikin gerah, sehingga banyak orang lebih milih nunggu di luar gedung walopun hujan gerimis mengundang (jiahh kayak lagu Malaysia aja!). Sedangkan di tempat para petugas dilengkapi AC, bukan itu saja ruangan yang lain pun juga ada AC maupun kipas anginnya. Sungguh tega para aparatur negara, buat tempat mereka dibikin enak dan nyaman, kalo buat para warga masyarakat gak diperhatiin padahal khan mereka itu dibayar oleh masyarakat. Gila benerrrr........






Mungkin kalo kami semua kegerahan dan kepanasan masih bisa ditahan, tapi perlakuan para petugasnya yang bikin gue dan semua orang yang nunggu kesel. Masa yang laen pada antre nunggu eh begitu ada pak RT ato orang yang di kenal oleh petugas itu malah di suruh masuk duluan buat direkam datanya. Kutu Kupret!!!! Bahkan sempet beberapa kali para warga menyoraki petugas tapi emang kuping tuh petugas udah pada budek kali ya jadi gak di perduliin lagi sama dia.






Akhirnya gue dan keluarga dapet giliran sekitar jam 2 dinihari. Gilaaaaaaaa!!!!!! Gue baru ngalemin kejadian kayak gitu. Ngurus KTP aja kayak ngurus pengambilan sembako. Gak lagi-lagi deh....... Itu baru gue yang nomor 1000, sedangkan semua nomor urut itu sekitar 1400an. Kebayang gak sampe jam berapa??????

Sekian,
Wassalam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar