Kamis, 08 Desember 2011

7 FILM INDONESIA TERBAIK VERSI GUE

Setelah sebelumnya gue menulis tentang Film-film favorit gue, sekarang adalah Film-film terbaik versi gue. Terbaik yang gue maksud di sini bukan berarti yang gue suka atau favoritkan, karena belum tentu film yang gue suka ato favoritkan merupakan film yang bagus atau baik. Kalo film terbaik disini emang film yang menurut gue tuh punya jalan cerita, penggarapan, karakter serta semua hal dalam film yang buat gue bisa bilang bahwa film ini emang bagus. Dan semua film yang masuk dalam daftar di sini adalah film yang pernah gue tonton, jadi kalo ada film bagus yang gak masuk ke dalam daftar gue ini berarti film tersebut belum gue tonton.
Okelah tanpa berlama-lama mari kita lihat daftarnya :

1. Tjoet Nja' Dhien (1988)

Film yang disutradarai Eros Djarot dan dibintangi oleh Christine Hakim dan Slamet Rahardjo ini menurut gue pantes berada di posisi pertama sebagai film terbaik Indonesia versi gue. Film yang menceritakan tentang perjuangan Tjoet Nja' Dhien, pahlawan wanita asal Aceh ini, sangat memenuhi segala aspek untuk disebut sebagai film dengan kualitas tinggi dan terbaik. Film ini meraih Piala Citra sebagai Film Terbaik FFI 1988 dan menjadi film Indonesia pertama yang di putar di Festival Film Cannes 1989.


2. Laskar Pelangi (2008)

Sebuah mahakarya dalam perfilman Indonesia. Film yang sangat sukses dan fenomenal ini adalah garapan sutradara Riri Riza, yang sebelumnya sukses membuat film Petualangan Sherina dan Gie. Film yang mengisahkan tentang tekad dan kemauan keras anak-anak Belitong dalam menuntut ilmu ini sangat bagus. Kualitas akting serta karakter yang dimainkan sangat natural dan tidak terkesan dipaksakan. Penggarapan juga jalan cerita yang runut membuat film ini berhasil masuk dalam daftar film terbaik Indonesia versi gue dan berada di nomor urut 2. 

3. Sang Penari (2011)

Film yang merupakan adaptasi dari novel Rongggeng Dukuh Paruk karya penulis Ahmad Tohari ini merupakan film keluaran terbaru yaitu baru di rilis pada 10 Nopember 2011 lalu. Film ini berhasil meraih nominasi terbanyak dalam FFI 2011 bersama dengan "?" dan Masih Bukan Cinta Biasa dengan 9 nominasi. Film ini mengisahkan tentang kisah cinta antara Srintil sang titisan ronggeng dengan Rasus. Kisah cinta yang berbalut dengan penderitaan pada masa pembunuhan massal tahun 1965-1966 ini layak masuk dalam film terbaik versi gue.

4. Naga Bonar (1987)

Film terbaik FFI 1987 ini merupakan salah satu film yang menurut gue sangat bagus dan keren abis. Film dengan jalan cerita serta dialog yang segar dan kelakar tentang kepahlawanan yang mengandung makna mendalam bagi siapapun yang menontonnya. Film Naga bonar merupakan sebuah film dengan gabungan penggarapan, penulisan skenario serta penampilan memukau pemerannya memang sebuah film yang lengkap dan menghibur.

5. Intan Berduri (1972)

Film yang disutradarai oleh Turino Djunaidy ini merupakan salah satu film terbaik yang pernah gue liat (versi gue lho). Film yang dibintangi oleh seniman besar (alm) Benyamin Sueb dan Rima Melati ini berhasil menampilkan tingkah polah dan sikap OKB (Orang kaya Baru) dan perilaku orang di sekitarnya. Kelucuan serta sindiran-sindiran terpapar secara halus dan manis dalam film ini. Akting kedua pemeran utamanya diganjar dengan piala Citra Aktor dan Aktris Terbaik FFI 1973

6. Ada Apa Dengan Cinta? (2001)

Film AADC adalah salah satu film genre remaja terbaik menurut gue. Film yang berhasil melambungkan nama Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini sangant sukses dalam peredarannya. Gaya bertutur film garapan Rudi Soedjarwo ini sangat lancar dan brilian. Rudi berhasil memotret kehidupan anak SMA dengan sangat baik sekali.

7. Petualangan Sherina (1999)

Film ini dianggap sebagai tonggak kebangkitan perfilman nasional saat itu, ketika banyak gedung bioskop hanya diisi oleh film yang bertema esek-esek. Film garapan Riri Riza ini berhasil meraup 1,6 juta penonton untuk mendatangi gedung bioskop. Film ini menceritakan tentang petualangan Sherina dan Sadam dalam usahanya kabur dari usaha penculikan yang dilakukan oleh pak Raden suruhan Kertarejasa. Film ini gue anggap terbaik ya karena itu tadi, bahwa film ini merupakan tonggak kebangkitan film nasional. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar